Inilah Bahaya Sikat Gigi Langsung Setelah Makan


Inilah Bahaya Sikat Gigi Langsung Setelah Makan - Prilaku menyikat gigi langsung setelah makan dapat membahayakan Gigi Anda. Kita tahu bahwasnaya sisa makanan yang menempel pada gigi akan mengakibatkan plak gigi. Oleh karena itu, sangat perlu sekali untuk membersihakannya dengan cara menyikat gigi. Namun tahukah Anda, menyikat gigi langsung setelah makan justru akan merusak email dan dentin gigi.


Menurut Bambang Nursasongko, drg., SpKG., "Ketika anda Selesai makan, Maka kadar asam dalam gigi meningkat. Ketika anda menyikat Gigi hal tersebut akan semakin meningkatkan kadar asam yang ada dalam mulut. Jika hal itu terjadi, Maka akan merusak lapisan email dan dentin gigi."

Agar dijauhkan dari hal tersebut anda harus melindungi lapisan gigi dengan cara memberikan jeda waktu sekitar 30 menit sesudah makan untuk menyikat gigi. Kita tahu, setelah makan masih ada sisa makanan yang menempel di dinding gusi yang membuat risih anda. Langkah apa yang akan dilakukan di waktu 30 menit setelah makan? 

Saking pentingnya, Disarankan juga bagi anda semua yang merasa risih tidak menyikat giginya setelah makan, Diharapkan untuk berkumur dengan air terlebih dahulu untuk menetralisasi kadar asam di gigi setelah makan. Setelah itu tunggu 30 menit setelah makan, barulah menyikat gigi Anda.

Itu salah satu cara merawat kesehatan gigi. Memang, sekitar 91,1 % masyarakat Indonesia terbiasa menyikat gigi setelah sarapan di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Namun hanya 7,3 % yang menyikat gigi sesuai rekomendasi. Bahkan 89 % anak Indonesia di bawah usia 12 tahun menderita penyakit gigi dan mulut. Itu terjadi karena kurang pemahaman tentang memelihara kesehatan gigi.

Demikian ulasan mengenai bahaya sikat gigi langsung setelah makan, Mulai sekarang ini rubahlah kebiasaan anda menyikat gigi langsung dan menjalankan apa yang direkomendasikan oleh pihak medis agar kesehatan gigi anda tetap terjaga.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat-sahabat semuanya, Apabila ada kesalahan baik dalam segi penulisan dan perkataan saya mohon maaf.