Ini Dia Cara Mudah Mengganti Wajah dengan Photoshop

Pada kali ini saya akan share tentang Cara Mudah Mengganti Wajah dengan Photoshop yang pada tutorial ini saya gunakan Adobe Photoshop cs3, Anda bisa diperaktikan juga di Adobe Photoshop cs4 - cs5 - cs6 maupun versi yang lebih tinggi. Hal ini merupakan salah satu trik dalam merekayasa foto yang sudah populer sekarang ini. Misalnya saja wajah orang lain diganti oleh wajah kita ataupun sebaliknya. Trik ini sebetulnya mudah sekali, hanya saja diperlukan sedikit ketelitian dan kesabaran Agar tidak terkesan tempelan, posisi wajah, pewarnaan dan terang-gelapnya gambar harus betul-betul diperhatikan.
Dalam tutorial kali ini saya akan memberikan sedikit ilustrasi kepad sahabat-sahabat semua tentang cara pembuatannya(Edit/Mengganti Wajah dengan Photoshop) yang saya gunakan pada tutorial kali ini adalah Photoshop cs3. Berikut Langkah-langkahnya:
  1. Buka foto pilihan anda yang akan di Edit, contoh:
  2. Pilih Lasso Tool di Toolbox Photoshop.
  3. Selanjutnya, Anda Buat seleksi di sekitar area wajah.
  4. Tekan Ctrl + C untuk meng-copy dan Ctrl + W untuk menutup gambar.
  5. Buka gambar ke 2(yang ingin diganti wajahnya).
  6. Tekan Ctrl + V (Paste/Tempel) untuk menempatkan area wajah yang tadi kita seleksi dari foto  yang pertama.
  7. Supaya posisi wajah tepat dan proporsional, aturlah nilai opacity kira-kira sebesar 50%.
  8. Untuk mengatur besar kecilnya gambar, anda bisa Tekan Ctrl + T.  Upayakan agar posisi Mata, Hidung dan Mulut sama persis antara gambar 1 dan 2. Jika sudah, tekan Enter.
  9. Kembalikan nilai opacity menjadi 100% seperti semula.
  10. Tekan Tombol D untuk mereset warna Foreground dan Background menjadi hitam dan putih.
  11. Setelah itu, Klik Add Layer Mask.
  12. Pilihlah Brush Tool di Toolbox Photoshop.
  13. Atur nilai Opacity: 75% dan Flow: 75% di Di Property Bar.
  14. Sapukan Brush Tool di area pinggir wajah dan kening. Lakukan secara berulang-ulang sampai pas betul  dan tidak terkesan tempelan karena hal itu dapat memberikan efek pesamaran. Naik-turunkan nilai Opacity di Properti Bar untuk mendapatkan sapuan Brush yang optimal. Jika adakesalahan saat menyapukan Brush, tekan Tombol X dan sapukan kembali brush di tempat yang salah tadi. Setelah itu tekan Tombol X lagi untuk melanjutkan.Setelah itu, anda akan menjumpai “gambar” seperti berikut:
  15. Langkah terakhir adalah penyempurnaan Gambar. Di Palet Layer, aktifkan Layer yang asli dengan cara mengekliknya.
  16. Tekan Ctrl + L . Dalam kotak dialog Levels, geser slide sesuai kebutuhan Anda. Setelah itu tekan OK.
  17. Klik Image ==> Adjustments ==> Vibrance. Didalam kotak dialog Vibrance, geserlah slide sesuai kebutuhan Anda. Lalu tekan OK. Maka Hasil akhir yang didapatkan kurang lebihnya seperti gambar di bawah ini.

Sekian Tutoril Cara Mudah Mengganti Wajah dengan Photoshop - Photoshop Dsign - Photoshop Online. Jika ada saran dari sahabat-sahabat sangat diharapkan sekali untuk diutarakan, karena hal itu dapat membangun saya untuk menuju yang lebih baik. Apabila ada kesalahan dalam tutur kata dan penulisan, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Semoga bermanfaat, amin.