Tahukah Anda Kelebihan dan Kekurangan Root di Android?

Tahukah Anda Kelebihan dan Kekurangan Root di Android? - Sebelum melangkah lebih jauh mari kita pahami dulu, apasih android itu? Pengertian Root adalah suatu sistem akun yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan meng-eksekusi semua file, command, system, di-dalam system operation berbasis linux (termasuk android). yang Intinya, Root ini punya access tanpa batas yang dapat mengubah, menambah, menghapus dan bahkan bisa merusak semua yang ada didalam sistem handphone anda.

Kalian tahu tidak fungsi root itu apa? Fungsi root Android adalah untuk memberikan hak penuh kepada pengguna agar dapat masuk ke sistem Android. Jika anda melakukan proses root maka anda dapat menambah, mengurangi dan memodifikasi file atau data yang terletak pada sistem Android, Kita ketahui bila dalam keadaan standart (belum root) file tersebut tidak dapat di akses.

Tahukah Anda Kelebihan dan Kekurangan Root di Android?

Sebelum anda melakukan proses root, sebaiknya anda terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekuarangan dari root. Agar anda tidak ada penyesalan dikemudian hari.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari root Android:

Apasih kelebihan Root di Android?
  1. Dapat memperoleh Hak Akses SuperUser
    Anda Sebagai pemilik Android pastinya tidak ingin penjelajahan pada Android terhenti atau terbengkalai dikarenakan hak akses yang dibatasi. Jika anda melakukan Root, Anda dapat leluasa(bebas) melakukan otak-atik pada Android.
  2. Bisa Meningkatkan Performance
    Apakah anda percaya root dapat meningkatkan performance? harus percaya, karena saya sudah membuktikannya sendiri bahwa Root Android dapat meningkatkan Performa pada Android anda. Root Android juga dapat meningkatkan kemampuan Processor(otak) pada Android anda.
  3. Dapat memindahkan Aplikasi ke SDCARD
    Apakah anda sudah pernah mencoba memindahkan aplikasi kedalam SDCARD dalam keadaan belum di root? jika ya, Pastinya akan muncul Notifikasi "Failure atau Failed". Sebaliknya jika sudah di Root hal itu tidak akan terlihat lagi dan tidak ada yang dapat menghentikannya, karena kita sudah memperoleh Hak Akses penuh. Jika anda ingin memindahkan aplikasi ke SDCARD, Anda bisa menggunakan Aplikasi Gemini App Manager atau Link2SD
  4. Anda bisa mengetahui sedalam-dalamnya Android
    Dalam melakukan proses root anda dituntut untuk menelusuri bagian dalam tubuh Android, dengan hal itu anda sudah memperoleh pengalaman dan ilmu baru yang dapat diterapkan kepada orang lain.
Apasih Kekurangan Root di Android?
  1. Dapat menghilangkan garansi android
    Jika anda sudah melakukan proses root, Maka sebagai konsekuensinya garansi pada Android sudah hangus/musnah. Mengapa demikian? Karena dalam melakukan Root, Anda sudah tidak menggunakan settingan(pengaturan) bawaan pabrik yang sudah dibuat. Jadi sebaiknya anda pikir-pikir dulu sebelum melakukan Root ini.
  2. Sistem keamanan pada android
    Jika anda melakukan root android, itu sama halnya dengan anda membuang sistem kemanan pada android kita. Tapi jangan khawatir, Sekarang ini banyak antivirus ternama yang sudah dapat menyusup kedalam perangkat Android seperti Avast, AVG, Kaspersky, ESET dan Bitdefender yang bisa anda gunakan untuk menindih keamanan yang sempat hilang.
Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Root di Android, Semoga bermanfaat untuk kita semua, amin.

Tag: kelebihan dan kekuarangan root android