Jangan Konsumsi Gula Berlebihan, Karena Akan Menyebabkan ini....!!


Dalam mengkonsumsi gula berlebihan akan menyebabkan berbagai masalah bagi manusia seperti diabetes melitus dan kenaikan berat badan. Namun, pada waktu-waktu tertentu sulit untuk menahan nafsu untuk memakan makanan manis sarat gula seperti biskuit, cake, dan es krim. Bukan hanya itu saja, gula sebenarnya juga terdapat pada sumber karbohidrat seperti nasi, tepung, atau kraker.


Harus anda ketahui bahwasanya gula dipecah menjadi glukosa atau fruktosa di dalam tubuh. Apakah anda tahu apa yang sebenarnya mereka lakukan di dalam tubuh? berikut beberapa keterangan, seperti dilansir womenshealthmag.com.
  1. Glukosa

    Poses penyerapan dalam usus, glukosa lantas memicu pankreas untuk memproduksi hormon insulin, Hormon ini yang bertugas untuk membawa glukosa masuk ke dalam sel agar dapat diubah menjadi energi. Tetapi, ada banyak makanan yang mengandung terlalu banyak gula yang membuat darah dipenuhi oleh glukosa yang belum terbawa ke dalam sel.

    Hormon insulin membuat produksi hormon leptin, hormon ini yang membuat Anda merasa kenyang menjadi menurun. Hal itu mengakibatkan semakin banyak hormon insulin yang diproduksi, maka anda akan merasa semakin lapar. Akhirnya, otak memerintahkan agar gula yang ada dalam tubuh diubah menjadi lemak dan ditumpuk pada bagian-bagian tubuh, misalnya pada perut Anda.

    Kadar insulin yang tinggi juga dapat menjadi penyebab terjadinya Alzheimer yang menyebabkan kepikunan. Bukan hanya itu saja, mengonsumsi terlalu banyak gula yang membuat hormon insulin diproduksi terlalu banyak akan membuat sel menjadi kebal atau resiisten sehingga tidak lagi membuat glukosa dalam darah masuk ke dalam sel. Glukosa akan menumpuk didalam darah yang hal itu akan menjadi awal mula dari diabetes.
  2. Fruktosa
    Setelah proses penyerapan dalam usus, fruktosa lalu dibawa ke dalam hati untuk dimetabolisme agar dapat digunakan oleh tubuh. Tetapi ada satu yang tidak adapat mencerna fruktosa dalam jumlah besar yaitu liver. Akibatnya ini akan memicu timbulnya gelembung lemak dalam usus. Yang membuat kondisi yang disebut perlemakan hati.

    Fruktosa yang terlalu banyak juga membuat kolesterol baik, HDL menurun yang dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung atau stroke.

    Gula yang terlalu banyak dapat membahayakan tubuh Anda. Sebaiknya batasilah konsumsi gula Anda mulai dari sekarang agar hidup Anda lebih berkualitas.


Mungkin hanya itu yang dapat disampaikan pada artikel Jangan Konsumsi Gula Terlalu Banyak, Karena Akan Menyebabkan ini....!!. Komsumsilah gula secukupnya saja, jangan sampai berlebihan. Semmoga bermmanfaat untuk kita semua, amin.